CPU Zen generasi ke-2 dari AMD akan cocok dengan motherboard seri 300 dan 400 seri AM4 dari pabrikan Asus dan ASRock.

Kurang dari sebulan lagi keluarga generasi berikutnya dari prosesor AMD seri Ryzen 3000 akan dirilis. Dari kabar yang seliweran beberapa bulan ini dari para pabrikan motherboard bahwa Anda harus membeli motherboard baru untuk menikmati AMD generasi baru ini.

Namun untungnya, bulan lalu Asus mengkonfirmasi bahwa hal tersebut ini tidak perlu terjadi, saat mereka sedang menyiapkan update BIOS baru untuk memastikan kompatibilitas dengan Ryzen seri 3000 pada daftar motherboard Asus yang ada. Demikian juga dengan Asrock, mengumumkan hal yang sama dengan Asus bahwa BIOS yang akan datang akan memastikan kompatibilitas dengan keluarga motherboard AM4 saat ini dari kedua perusahaan tersebut.

Dukungan AMD Ryzen 3000 Series Datang ke Motherboard AM4 yang Ada Dengan Pembaruan BIOS Baru Dari Asrock

Versi BIOS baru akan masuk pada bulan Mei dan akan mencakup hampir semua motherboard Asrock.

‚ÄúTAIPEI, Taiwan, 6 Mei 2019 – ASRock telah mengumumkan pembaruan BIOS untuk AMD X470 / B450 / X370 / B350 dan motherboard seri A320 untuk mendukung prosesor AMD Ryzen baru yang akan segera dirilis. Pembaruan BIOS terbaru akan tersedia untuk diunduh dari situs web kami atau cukup perbarui melalui ASRock APP Shop.”

Chipset AMD X570 Baru untuk Ryzen 3000 Series

Meskipun dengan kondisi seperti di atas, yakinlah bahwa AMD masih akan memberi Anda banyak alasan untuk untuk membeli motherboard baru bersama CPU Ryzen 3000 Series Anda yang baru dan mengkilap tentunya. Dan alasannya adalah semua chipset X570 baru milik para pabrikan motherboard.

5 CPU Gaming Terbaik 2018 dengan Harga di Bawah 7 Juta

Chipset baru akan menjadi yang pertama yang membawa dukungan PCIe Gen4 ke pasar, yang menjanjikan untuk memberikan dua kali lipat bandwidth PCIe Gen3 saat ini. Ini berarti kinerja multi-GPU yang lebih baik dengan teknologi CrossfireX pada kartu grafis generasi berikutnya seperti Navi. Meskipun AMD belum mengumumkan bahwa Navi akan mendukung PCIe Gen4. Meskipun, fakta bahwa perusahaan meluncurkan teknologi pada platform AM4 generasi berikutnya mengindikasikan bahwa Navi dapat melakukannya dengan sangat baik.

Kami sendiri masih belum tahu terlalu banyak tentang chipset X570 baru ini. Tapi kita tentu bisa mengharapkan fitur efisiensi daya baru, peningkatan transfer daya untuk persiapan jumlah core CPU Ryzen 3000 series yang lebih tinggi, yang akan mencakup SKU dengan hingga 16 core, serta fungsi peningkatan frekuensi yang lebih cerdas seperti yang telah kita lihat dengan X470 dan Precision Boost 2.0.

Apapun hasilnya, akan kita ketahui nanti di tanggal 27 Mei pada gelaran Computex tahun ini.