Apple baru saja meluncurkan 3 seri iPhone terbarunya, yakni iPhone XS, XS Max, dan XR. Nah, kali ini kita akan memaparkan alasan yang cukup masuk akal untuk tidak membeli ketiga ponsel tersebut, terlebih jika sekarang kamu adalah pengguna iPhone X.

Alasan #1 – Harga yang Sangat Mahal

Harga iPhone XR.

Seri yang paling murah, yakni iPhone XR, dibandrol dengan harga mulai dari $749 untuk varian 64GB (11 jutaan). Adapun untuk XS dan XS max, untuk varian termurahnya dibandrol dengan harga $999 (14 jutaan) dan $1099 (16 jutaan). Harga tersebut adalah harga di Amerika, yang mana seperti kita ketahui pada tahun lalu, harga di Indonesia bisa naik tajam hingga 2 kali lipatnya, setara dengan harga motor skuter maksi terbaru saat ini.

Alasan #2 – Tidak Adanya Fitur yang “Wah”

iPhone 6S punya 3D Touch, iPhone 7 Plus punya dual kamera, iPhone X punya Face ID beserta layar OLED-nya, iPhone XS punya? Ya, tidak ada teknologi terobosan baru pada iPhone generasi 2018 ini. Meskipun harganya selangit, teknologi yang ditawarkan pada iPhone generasi terbaru ini masih hampir sama dengan generasi sebelumnya. Sebut saja dual kamera, Face ID, layar OLED, itu semua adalah teknologi yang sudah disematkan pada iPhone generasi sebelumnya.

Alasan #3 – Tidak Jauh Lebih Cepat

Hasil benchamark iPhone X, diambil dari Geekbench.
Hasil benchamark iPhone XS, diambil dari Geekbench.

Dari kedua data di atas dapat dilihat bahwa performa iPhone XS hanya meningkat 10%-15% jika dibandingkan dengan iPhone X yang dirilis tahun lalu. iPhone XS mendapatkan skor 4794 pada single-core dan 11129 pada multi-core, sementara iPhone X tidak jauh dari angka tersebut yakni 4210 pada single-core dan 10124 pada multi-core.

Intel vs. AMD di 2019, Manakah yang Lebih Baik untuk PC Barumu?

Alasan #4 – iPhone Lama juga Bisa Lebih Kencang

Device yang mendapat dukungan iOS 12.

Seperti biasa, Apple merilis iPhone generasi terbaru berbarengan dengan iOS generasi terbaru pula, yakni iOS 12. iOS versi ini terbukti mampu meningkatkan performa hardware si iPhone. Seperti dikutip dari situs resmi Apple, iOS 12 akan mendukung beberapa varian iPhone, dan seri paling jadul yang didukung adalah iPhone 5S.

Alasan #5 – Tidak Ada Fitur Fast Charging

Ya, sama halnya dengan iPhone X tahun lalu, iPhone yang baru saja dirilis memang mendukung fast charging namun charger bawaannya tidak mendukung fitur tersebut. Untuk dapat menikmati fitur “mewah” ini, kamu harus rela mengeluarkan receh lagi untuk membeli charger yang mendukungnya. Sungguh sangat disayangkan mengingat harganya yang sangat mahal. Bahkan beberapa smartphone android yang harganya tidak lebih dari 5 juta rupiah saja memiliki charger bawaan yang mendukung fitur fast charging.

Alasan #6 – Masih Ada “Poni”

Poni pada iPhone X.

Poni pada iPhone X memang banyak mendapat ejekan dan sindiran di awal peluncurannya, meskipun beberapa reviewer mengatakan bahwa kita akan terbiasa dengan hal tersebut. Beberapa vendor robot hijau memang sudah mengadopsi garis desain itu, namun tetap saja tidak bisa dipungkiri bahwa desain dengan bezel tipis tanpa adanya poni akan terasa lebih memuaskan.

Alasan #7 – Fitur yang Tidak Eksklusif

iPhone XS memiliki fitur yang memungkinkan untuk mengubah tingkat bokeh pada foto yang diambil. Sayangnya, fitur ini bukanlah merupakan fitur yang eksklusif. Fitur serupa juga bisa dilakukan di iPhone 8 dan iPhone X dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Focos.

Mengenal Perbedaan Shared Hosting, Virtual Private Server (VPS), Dedicated Server, dan Cloud Hosting!

Alasan #8 – Apple akan Mendukung iPhone Generasi Lama Lebih Lama Lagi

Pada momen peluncuran iPhone XS, Apple mengatakan akan mendukung iPhone generasi lama lebih lama lagi. Hal tersebut sepertinya memang terbukti benar mengingat iOS terbaru, yakni iOS 12, masih mendukung iPhone 5S yang sudah berusia 5 tahun sejak pertama kali diluncurkan. Ini memang salah satu sisi positif dari Apple, tidak seperti smartphone Android pada umumnya yang mana kita cenderung dipaksa membeli smartphone keluaran terbaru untuk bisa menikmati Android versi terbaru.

Alasan #9 – iPhone X

Sudah menjadi rumus di dunia smartphone bahwa jika ada versi baru yang diluncurkan, harga versi sebelumnya akan terjun bebas, atau setidaknya berkurang. Alih alih membeli iPhone XS, XS Max, atau XR, kamu bisa membeli iPhone X yang sudah turun harganya. Kamu masih bisa mendapatkan fitur Touch ID, layar OLED, dan garis desain yang hampir sama dengan iPhone terbaru. Selain itu, performanya juga tidak tertinggal jauh. Bagaimana? Ide yang menarik bukan?

Alasan #10 – Tunggu Tahun 2019

Penambahan “S” pada smartphone Apple memang tidak akan membawa perubahan yang signifikan dari versi sebelumnya. Tidak ada perubahan desain maupun fitur baru yang mengejutkan tahun ini. Malahan, sepertinya Apple sudah menghabiskan semua idenya pada iPhone X tahun lalu.

Nah, jika kamu termasuk orang yang sabar, ada baiknya menunggu tahun depan jika berencana untuk upgrade iPhone ke versi terbarunya. Mungkin akan ada perubahan yang layak ditunggu seperti kamera yang revolusioner, bezel yang lebih tipis lagi, dan poni yang lebih kecil atau bahkan tidak ada.

Cara Ampuh Root Xiaomi Redmi Note 5 Pro (Whyred), Install TWRP, dan Custom ROM!

Akankah Kamu Tetap Beli iPhone XS, XS Max, ataupun XR?

Kira-kira itulah 10 alasan yang bisa kita berikan dan terlihat masuk akal untuk tidak membeli iPhone yang dirilis tahun ini, jika memang saat ini kamu sudah memiliki iPhone. Akankah beli atau tidak, semua keputusan tetap ada di tangan kamu. So, sampai jumpa di lain kesempatan!